Friday, September 27, 2013

SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA KUESIONER

Posted by Dewa Ayu Oktaviana at 3:55 PM
NARASI SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA KUESIONER

Laboratorium Tekno Ekonomi adalah laboratorium di Fakultas Rekayasa Industri Telkom University yang memiliki core dalam perancangan dan pengembangan produk. Pada kegiatan praktikum perancangan produk praktikan akan dijelaskan mengenai tahapan-tahapan perancangan dan pengembangan produk dimulai dengan tahapan sebagai berikut :

-      Indentifikasi kebutuhan customer
-      Perancangan spesifikasi produk
-      Quality function deployment
-      Concept generation
-      Pembuatan spesifikasi part
-      Estimasi biaya produksi
-      Pembuatan prototype produk

Kami sebagai system analis focus pada perancangan system informasi yang dapat memfasilitasi user system infomasi Tekmi Lab dalam mengidentifikasi kebutuhan customer akan suatu inovasi produk. Karena kami melihat dari Tekmi Lab sendiri belum memiliki system informasi yang memfasilitasi user terutama dari pihak luar (selain praktikan tekmi lab sendiri) . kami mengambil focus tersebut karena saat ini banyak sekali terdapat lomba-lomba inovasi dan perancangan produk yang diselenggarakan di Indonesia dan tahap pertama dari perancangan suatu produk yaitu mengidentifikasi kebutuhan customer seringkali terlewat karena kurangnya pengetahuan serta fasilitas an proses pengolah data yang rumit

Adapun langkah-langkah dari penggunaan system informasi yang akan kami rancang adalah sebagai berikut :
Pertama, peneliti akan menentukan target pasar yang akan disasar sebagai objek penelitian kebutuhan perancangan produk. Lalu, dilanjutkan menyusun pertanyaan untuk kuesioner yang akan disebar. Setelah peneliti memperoleh data kuesioner, kemudian data akan direkap menjadi variable-variabel. Variabel-variabel tersebut dimasukkan ke dalam sistem informasi “Pengolahan Data Kuesioner”. Sebelumnya peneliti/user dapat mengatur jumlah kolom dan baris pada tabel variable data kuesioner. Kemudian, sistem akan menampilkan tabel untuk tingkat kepuasan dan kepentingan dengan jumlah kolom dan baris sesuai dengan pengaturan user.
Peneliti lalu memasukkan variable yang telah direkap sebelumnya ke dalam tabel yang telah disediakan. Sistem akan menyimpan variable tersebut dalam database dan menghitung nilai total variable dari tiap baris atau responden.  Setelah itu sistem akan menghitung nilai Performance Weight yaitu perhitungan untuk mengetahui besarnya nilai prioritas kebutuhan dari masing-masing variable. Hasil dari performance weight kepuasan kemudian dirata-ratakan untuk diperoleh garis tengah X dan rata-rata performansi weight kepentingan diperoleh garis tengah Y.
Dari kedua garis tengah tersebut, system akan menghasilkan output sebuah grafik koordinat yang dapat memetakan setiap variable dalam bentuk “Matriks Klein Grid”. Dimana system akan secara otomatis mengklasifikasikan kebutuhan pelanggan kedalam beberapa kategori yaitu Low Impact, High Impact, Hidden, Expected, yang dapat membantu peneliti dalam membuat keputusan spesifikasi produk seperti apa yang diinginkan oleh konsumen .

ILUSTRASI SISTEM INFORMASI LABORATORIUM TEKNO EKONOMI PADA PROSES PEMGOLAHAN DATA KUESIONER.

PROBLEM, OPPORTUNITIES, OBJECTIVE AND CONSTRAINT MATRIX

Proyek :
Sistem Informasi Proses Pengolahan Data Kuesioner
Manajer Proyek :
Dewa Ayu
Dibuat oleh :
Rinda Rieswien
Update terakhir oleh :

Tanggal dibuat :
21 September 2013
Tanggal update terakhir :
 27 September 2013

ANALISIS SEBAB DAN AKIBAT
TUJUAN PENINGKATAN SISTEM
Masalah atau Peluang
Sebab dan akibat
Tujuan Sistem
Batasan Sistem
Dalam beberapa aktivitas perancangan produk seperti perekapan kuesioner masih dilakukan manual oleh user dan belum terdapat sistem pengolahan otomatis beserta tutorialnya untuk pengolahan data kuesioner hingga memperoleh matriks klein Greid
1)   Sistem Informasi Lab Tekmi belum memfasilitasi proses pengolahan data kuesioner secara terintegrasi dalam satu sistem informasi.
2)   Dalam pengolahan data kuesioner hingga diperoleh matriks Klein Grid, user terkadang masih mengalami kendala karena langkah dan algoritmanya tidak dipahami secara detail.

1)   Dapat memfasilitasi dan mempermudah user untuk dapat mengolah kuesioner dan menjelaskan secara visual langkah-langkah untuk memperoleh matriks Klein Greid.

1)   Sistem informasi yang dibuat hanya proses Pengolahan data kuesioner sebagai salah satu sampel saja dari beberapa proses Perancangan Produk yang dapat diintegrasikan pengolahannya melalui sistem informasi.



 Cross Functional Diagram proses pengolahan data kuesioner
















DFD level 0

DFD level 1


0 comments:

Post a Comment

 

Hello baby blue Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea