Friday, September 20, 2013

Sistem Informasi Laboratorium Tekno Ekonomi (Tekmi)

Posted by Dewa Ayu Oktaviana at 1:54 PM


 Sejarah
Laboratorium Tekno Ekonomi dibentuk pada tahun 2005 karena adanya keinginan untuk mengintegrasikan berbagai keilmuan teknik industri, sehingga mahasiswa bisa menarik garis merah keilmuan teknik industri, karena itulah praktikumnya diletakkan di angkatan akhir.
Kini, Labratorium Tekno Eknomi memfasilitasi praktikum perancangan produk dan perencanaan bisnis, laboratorium tekno eekonomi juga memiliki research group yang biasa dikenal dengan nama Research and Competition Member (RSCM) yang berfokus kepada pengembangan riset.
Visi dan Misi Tekmi Lab.
Visi
Menjadi laboratorium Teknik Industri yang berkelas internasional yang mampu menjadi agen perubahan dalam bentuk insan cerdas dan kompetitif yang kompeten dalam pengembangan dan pengelolaan industri infokom serta mampu memberikan kontribusi dalam membangun masyarakat yang sejahtera.
Misi
1. Menyelenggarakan praktikum Perancangan Produk dan Perencanaan Bisnis untuk mengembangkan sumber daya profesional dibidang infokom.
2. Menyelenggarakan penelitian yang bertujuan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta inovasi dibidang infokom.
3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat secara aktif, membangun sinergi dengan industri serta institusi dalam dan luar negeri.
Kegiatan Praktikum
Apabila mendengar kata Tekmi Lab. sebagian besar mahasiwa jurusan teknik industri pasti akan langsung terbayang mengenai perancangan dan pengembangan produk.
Pada kegiatan praktikum perancangan produk praktikan akan dijelaskan mengenai tahapan-tahapan perancangan dan pengembangan produk dimulai dengan tahapan sebagai berikut :
-      Indentifikasi kebutuhan customer
-      Perancangan spesifikasi produk
-      Quality function deployment
-      Concept generation
-      Pembuatan spesifikasi part
-      Estimasi biaya produksi
-      Pembuatan prototype produk
Software yang digunakan untuk menunjang praktikum antara lain adalah software design seperti (Autodesk inventor, Solid works) , software pengolah data kuesioner (SPSS), dan Microsoft excel.
Untuk system informasi sendiri, Tekmilab memiliki system dengan intranet dan internet

Interface tekmilab portal (intranet) http://10.3.124.55/



Interface website tekmi  http://tekmi.lab.ittelkom.ac.id/ 

Saat ini divisi Operational dan Maintenance akan mengembangkan portal yang diberikan oleh Fakultas rekayasa industry http://tekmilab.fri.ittelkom.ac.id/


Kami melihat, sistem informasi yang ada masih belum banyak memberikan informasi berkaitan dengan tahapan perancangan produk. sehingga masalah yang kami angkat berhubungan dengan system informasi di Tekmi Lab adalah belum adanya system informasi yang dapat membantu praktikan dalam pembuatan progress report , misalnya pembuatan House of Quality, uji validitas dan reliabilitas kuesioner, dan matriks part deployment. Sehingga kami ingin mengusulkan perancangan system informasi berupa turorial tahapan-tahapan perancangan produk yang dapat membantu praktikan dalam membuat rancangan produk  usulan mereka dengan baik dan benar. 

Oleh :
Suci
Agisni
Rinda
Dewa Ayu
Eki 
kelas TI 34 07

0 comments:

Post a Comment

 

Hello baby blue Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea